Langsung ke konten utama

Manfaat Sarapan Pagi

Sarapan atau makan pagi adalah jadwal makan paling penting sepanjang hari. Apakah tujuan Anda untuk menurunkan berat badan atau hanya untuk menjadi sehat, Anda harus menjadikan sarapan sebagai kebiasaan rutin keluarga. Manfaatnya banyak, mulai dari menurunkan resiko diabetes hingga peningkatan rasa kenyang dan penurunan berat badan.

Ketika Anda melewatkan sarapan pagi, sebenarnya  Anda memberikan sinyal pada tubuh bahwa Anda kekurang energi karena kurangnya asupan, dan Anda harus menghemat energi. Namun, yang terjadi adalah, metabolisme Anda melambat dan tubuh Anda berusaha untuk menyimpan lemak.

Untungnya, kita sudah tidak lagi bertahan hidup di alam liar, kita memiliki sumber makanan dan kalori yang berlimpah. Namun, tubuh Anda tidak mengetahui hal ini. Ketika memulai hari dengan makan sarapan, maka Anda akan memulai metabolisme dan berada di jalan yang benar untuk mencapai tujuan kesehatan Anda.

Dengan semua bukti luar biasa yang menunjukkan pentingnya mengkonsumsi sarapan sehat, serta banyaknya manfaat sarapan pagi untuk kesehatan kita, namun masih banyak orang yang tidak peduli dengan apa yang mereka konsumsi di pagi hari. Menurut sebuah perusahaan riset pasar, sekitar 18% laki-laki dan 13% perempuan antara usia 35 sampai 54 tahun melewatkan makan pagi mereka.

Mungkin penjelasan di bawah ini tentang 5 manfaat sarapan pagi bagi kesehatan yang menakjubkan, akan membantu Anda memahami pentingnya makan pagi ini.

Manfaat Sarapan Pagi untuk Kesehatan

1. Sarapan mengurangi nafsu makan
Penelitian telah menunjukkan bahwa pagi hari adalah saat yang paling bagus untuk mengurangi rasa lapar dan keinginan nyemil sepanjang hari. Aneh kan? Banyak orang melewatkan sarapan untuk menghindari makan kalori ekstra, tetapi dengan makan sarapan tinggi serat, padat nutrisi di pagi hari, Anda sebenarnya cenderung mengurangi rasa lapar sepanjang hari.

2. Anda makan lebih sedikit
Manfaat sarapan pagi poin ini sebenarnya masih terkait dengan poin pertama dari daftar ini. Dengan mengurangi nafsu makan, Anda cenderung tidak lapar, dan dengan demikian, Anda hanya sedikit makan. Jika Anda skeptis, sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Nutrition pada tahun 2011 menunjukkan bahwa, subyek yang makan sarapan dilaporkan mengalami penurunan tingkat kelaparan sepanjang hari dibandingkan dengan subyek yang tidak sarapan sama sekali.

3. Meningkatkan daya ingat
Karbohidrat sangat penting untuk fungsi otak yang sehat. Dengan mengonsumsi sarapan berkualitas tinggi untuk memulai hari Anda, Anda dapat meningkatkan mood dan menurunkan tingkat stres. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat sarapan pagi juga baik untuk anak. Anak-anak yang makan sarapan cenderung memiliki keterampilan kognitif dan berkinerja lebih baik di sekolah.

4. Mencegah diabetes tipe 2
Ternyata manfaat sarapan pagi juga baik untuk mencegah diabetes lho! Ada penelitian penting yang menyimpulkan bahwa dengan makan sarapan sehat secara teratur, akan mengurangi resiko diabetes. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun program, para peneliti menemukan bahwa orang yang secara teratur makan sarapan mengalami penurunan risiko diabetes hampir 30%. Penjelasan tentang penelitian ini adalah, bahwa melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan resistensi insulin, yang merupakan fitur Diabetes Tipe 2.

5. Menurunkan resiko obesitas
Sebuah penelitian yang dilakukan di Eropa pada tahun 2010 dan diterbitkan dalam "The Critical Reviews In Food Science and Nutrition," menunjukkan bahwa mereka yang makan sarapan mengalami penurunan risiko obesitas dan memiliki BMI (Body Mass Index) yang lebih sehat. Tentunya hal ini juga harus dibarengi dengan menu diet sehat harian serta berolah raga secara teratur.

Pilihan Sarapan Yang Baik

Nah, Anda sudah tahu kan manfaat sarapan pagi seperti yang dijelaskan di atas, sekarang waktunya untuk memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Ketika memilih menu sarapan pagi yang baik untuk dikonsumsi, cobalah makan makanan utuh yang penuh nutrisi. Contohnya termasuk telur, yoghurt, oatmeal, buah, dan roti gandum utuh. Cobalah untuk membatasi sereal manis, roti putih, dan makanan olahan lainnya.

Setelah menyimak penjelasan di atas, sekarang kita tahu bahwa kita tidak bisa mengabaikan manfaat sarapan pagi yang luar biasa begitu saja. Makan sarapan yang sehat memiliki banyak khasiat kesehatan pula. Jika Anda serius tentang kesehatan dan ingin menurunkan berat badan, penting agar Anda menjaga konsumsi sarapan rutin sebagai aspek penting dari rutinitas harian Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OBAT PATAH HATI

Setiap orang pasti punya cerita cintanya masing-masing. Ada yang sedang jatuh cinta, ada pula yang sedang patah hati. Ada yang ceritanya selalu berbunga-bunga, ada pula yang selalu terluka. Sebenarnya itu hal yang biasa dalam cerita cinta. Jika ada pertemuan pastinya juga akan ada perpisahan. Nah, kali ini gw akan bahas mengenai hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengobati patah hati , biar ga galau terus..  ( GALAU MODE : OFF ) 1.       PERBANYAK WAKTU DENGAN TEMAN Jika kemarin-kemarin waktu lo cuma buat pacaran, mulai sekarang perbanyaklah waktu bersama teman-teman lo. Ingat, teman itu tempatnya berbagi rasa, suka, duka, susah maupun senang. Berbagilah cerita dengan mereka. Yang terpenting, “tertawalah bersama mereka.” 2.       DENGERIN MUSIK Bijaksanalah dalam memilih lagu, karena jika salah pilih dampaknya akan semakin fatal. Semakin menghancurkan perasaan. Pilihlah musik-musik keras yang liriknya gak ada hubungannya sama

Tips Memilih Theme

Memilih yang gratis WordPress tema dapat membingungkan dan memakan waktu. Direktori tema WordPress.org berisi ribuan tema gratis, Semua mengaku menjadi yang terbaik. Mengidentifikasi tema kualitas sulit cukup; memilih yang sempurna untuk situs Anda lebih rumit. Anda perlu tahu apa penting untuk mencari dalam tema (dan apa yang tidak). Dengan fitur baru selalu di cakrawala, sangat mudah berakhir dengan tempat rumit yang penuh sesak efek paralaks dan puluhan widget, ketika semua yang Anda benar-benar inginkan adalah desain blog sederhana. Untungnya, dengan artikel ini, Anda memiliki solusi! Kami akan menunjukkan kepada Anda apa hal yang paling ketika memilih sebuah tema WordPress gratis, termasuk fungsi untuk mencari dan pertimbangan-pertimbangan tertentu untuk situs Anda. Pada saat kami selesai, Anda akan baik dan benar-benar siap untuk memilih terbaik gratis WordPress theme untuk Anda. Mari kita mulai! Sebelum kita mulai: Mengidentifikasi kebutuhan situs Anda Hak WordPress t

Lift Your Confidence

Fearlessness will commit us allowed to make errors and bomb, yet without making ourselves useless. On the off chance that we have certainty, at that point in a roundabout way we can likewise build the certainty to others. The reality Many individuals need confidence , when in actuality he can do that. Certainty is an inclination that conveys us closer to progress. In the event that you feel messed with certainty, at that point endeavor to continue searching for approaches to develop your trust in yourself. Lift Your Confidence  Here are 5 hints to support your certainty : 1. Be Thankful for What You Have  Time has demonstrated that the fundamental sentiment of uneasiness or fearlessness is the inclination that dependably feels absence of responsibility for, regardless of whether it is enthusiastic acknowledgment, good fortune, cash, and so on. By acknowledging what we have achieved, we can battle disappointed emotions. Finding inward peace will stir your certainty. 2. Worki